Menjadi petani di kota besar mungkin sulit untuk dibayangkan. Pada umumnya pertanian membutuhkan lahan yang luas, iklim yang cocok, perairan yang cukup serta prasyarat lain.

Tapi, tahukah Anda bahwa pertanian di perkotaan saat ini menjadi tren di berbagai belahan dunia, serta dianggap mendukung konsep kota dunia di masa depan.

Mengutip sariagri.id, di Amerika, Brooklyn Grange yang berbasis di New York sudah menjalankan pertanian di atas atap gedung bertingkat (rooftop) yang bisa menghasilkan sekitar 25.000 kilogram sayuran organik setiap tahunnya.

Lalu ada juga di Jerman, Prinzessinnen Garten berhasil mengubah tanah kosong di sepanjang tembok Berlin menjadi ruang bagi komunitas pertanian.

Bahkan Bank Dunia dan organisasi pangan dunia FAO melihat tren tersebut sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah urbanisasi di negara-negara berkembang.

Sebuah penelitian pernah memperkirakan bahwa lahan pertanian perkotaan di seluruh dunia jika ditotal luasnya bisa mencapai seukuran wilayah Uni Eropa.

Seperti apa pertanian kota?

Pertanian kota adalah istilah bagi praktik pertanian seperti menanam, mengolah, hingga mendistribusikan bahan makanan di sekitar wilayah perkotaan.

Pertanian model ini sebetulnya bukan hal baru, ini sudah pernah dilakukan oleh masyarakat Mesir kuno dan pernah diterapkan Amerika Serikat selama Perang Dunia I dan II untuk menjaga persediaan makanan.

Pertanian kota memiliki manfaat besar bagi populasi penduduk kota, tidak saja soal ketersediaan bahan pangan, tapi juga tentang konservasi ruang terbuka yang merupakan salah satu elemen dalam konsep kota masa depan.

Karena manfaatnya itu, kota Paris Prancis berniat bakal mengubah sepertiga dari ruang terbukanya untuk menjadi lahan pertanian perkotaan.

Apa manfaat pertanian kota?

Sistem pertanian perkotaan sukses diterapkan di banyak negara maju dan berkembang, Jepang adalah salah satunya.

Di Jepang, lahan pertanian banyak dikembangkan di dalam kota. Bahkan sepertiga produk pertanian negara itu berasal dari pertanian kota.

Departemen Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang menyebut ada lima alasan utama kenapa pertanian kota sangat bermanfaat:

1. Pertanian kota merupakan sumber produk bahan makanan yang segar dan aman karena biasanya ditanam secara organik dengan bahan kimia rendah. Ini semakin diminati oleh konsumen perkotaan. Hasil pertanian dapat diproduksi dan dikonsumsi secara lokal berdasarkan hubungan kepercayaan antara petani dan masyarakat setempat.

2. Pertanian kota memberi peluang keterlibatan warga kota dalam kegiatan pertanian, sebagai produsen maupun konsumen.

3. Pertanian kota menyediakan ruang terbuka untuk manajemen bencana, seperti mencegah penyebaran api jika terjadi kebakaran, ruang evakuasi untuk gempa bumi dan ruang terbuka jika terjadi bencana lain.

4. Pertanian kota yang menghasilkan ruang hijau dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi sehingga meningkatkan kesehatan spiritual dan kesejahteraan warga kota.

5. Pertanian kota dapat memberi pendidikan dan penyadaran bagi warga kota tentang pertanian dan masalah pangan.

Di kota-kota besar di Indonesia termasuk di ibukota Jakarta pertanian kota sebetilnya sudah mulai digalakkan, namu masih terbatas sebagai gerakan individual atau komunitas kecil.

Sebetulnya, ketika pandemi Covid-19 yang memaksa orang banyak berdiam diri di rumah, sistem pertanian kota bisa menjadi alternatif untuk mengurangi kekhawatiran mahalnya harga bahan pangan. Di awal-awal pandemi tren bercocok tanam di rumah sudah dimulai.

Orang-orang kota mulai menanam sayuran dengan sistem hidroponik, beternak lele dalam ember besar yang di atasnya ditanami kangkung, hingga membuka lahan pertanian dan peternakan ikan di pekarangan rumah.

Sebetulnya, jika didukung gerakan masif dan dukungan dari pemerintah kota, pertanian kota bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Di samping dapat mengurangi beban perekonomian saat situasi krisis, yang terpenting juga menyadarkan warga soal pentingnya kemandirian pangan, sehingga tidak tergantung bahan pangan impor. (imt)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day