WONOSOBO – GeRal .Selasa (22/06/2021), PPKL Kabupaten Wonosobo bersama Seksi Kelembagaan Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Wonosobo melakukan monitoring dan evaluasi kinerja koperasi di Koperasi Maslahat Ummah Utama.

Lantas, Bagaimana hasil monitoring tersebut ?
Hasil monitoring, didapatkan hasil bahwa koperasi telah melaksanakan RAT Tutup Buku Tahun 2020 pada bulan Februari tahun 2021. RAT dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat sehingga tetap berjalan lancar dan kondusif. Selain itu, Koperasi Maslahat Ummah Utama sudah melaksanakan tertib kelengkapan administrasi, seperti kepemilikan Ijin Usaha Simpan Pinjam Koperasi (IUSPK) yang terbaru melalui OSS serta terus berusaha memaksimalkan 16 buku organisasi sebagai pedoman berkoperasi.

Koperasi yang berdiri tahun 2009 ini melayani anggota yang mayoritas adalah pelaku UMKM. Dengan begitu, koperasi mempunyai komitmen untuk ikut berpartisipasi mengembangkan usaha dari anggota maupun calon anggotanya. Hal ini dapat dilihat dari peran aktif koperasi dalam menyampaikan informasi kepada anggota tentang adanya program pemerintah yaitu Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Meskipun bersifat informasi publik, namun belum semua pelaku usaha mengetahui program tersebut.

Terus, apa peran koperasi ?
Peran koperasi memberi informasi dan edukasi pada anggotanya, informasi secara detail mengenai program BPUM dan melakukan edukasi untuk menjalin kerja sama dengan jasa ekspedisi JNE. Edukasi kerjasama ini tidak lain untuk membantu memudahkan anggota koperasi dalam melakukan distribusi produk usahanya seperti mie ongklok instan, carica, keripik, dan kentang melalui jasa ekspedisi JNE yang dikelola oleh koperasi.

Maka dari itu, PPKL Kab.Wonosobo bersama Seksi Kelembagaan mengapresiasi serta terus mendampingi dan memotivasi agar koperasi selalu memberikan pelayanan terbaik bagi anggota. Harapannya, akan terciptanya hubungan yang saling menguntungkan antara koperasi dengan anggota sehingga lebih mensejahterakan anggota. ( sumber : dinkop-umkm.Jateng )

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day