Jakarta-GeRal: Berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan dari YouTube?

Sejak diluncurkan tahun 2005, popularitas dan jangkauan YouTube meroket dan telah menjadi situs web kedua di dunia yang paling banyak dikunjungi, setelah Google tentu saja.

Diperkirakan, satu miliar jam video ditonton pengguna YouTube setiap hari. Setelah Facebook, YouTube merupakan platform media sosial paling populer di dunia.

Sekarang ini, banyak orang yang sudah tahu bahwa YoutTube punya potensi menguntungkan, selain hanya sebagai media sosial gratis.

YouTube adalah cara terbaik bagi pemilik bisnis untuk melakukan pemasaran dan mendatangkan penghasilan tambahan sambil mendidik atau menghibur pemirsa melalui konten visual dan loyalitas pelanggan.

Kelebihan YouTube adalah jangkauan dan aksesibilitasnya. Siapa pun bisa menjadi pembuat konten di YouTube. Tapi untuk mendapatkan penghasilan bulanan dari YouTube memang bukan sesuatu yang gampang.

YouTube memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan, menonton lebih dari 1 miliar jam video dan menghasilkan miliaran penayangan setiap hari. Ada sekitar 500 jam konten diunggah ke YouTube setiap menit oleh orang-orang di lebih dari 100 negara yang berbicara dalam 80 bahasa yang berbeda.

Ada lebih dari seperempat populasi dunia, dan hampir setengah dari pengguna online global (5 miliar orang) aktif di YouTube setiap bulannya.

YouTube juga sangat mudah diakses oleh para pemilik usaha kecil untuk memasarkan bisnis mereka dan berinteraksi dengan para pemirsanya.

Tapi sayangnya, kecuali Anda sudah punya ceruk pasar yang khusus, Anda kemungkinan besar akan tersesat di tengah miliaran video yang diunggah setiap hari tersebut.

Bagi pembuat konten yang memahami prinsip-prinsip ini, mereka akan memperoleh keuntungan. Tapi, mereka yang mengunggah video berkualitas rendah, tidak direncanakan dengan baik, tanpa rencana pemasaran, mungkin akan tersesat di belantara ketidakjelasan YouTube.

Bagaimana video Anda menghasilkan uang?

Jika sebuah gambar bernilai seribu kata, maka video YouTube bernilai jutaan dolar.

Penonton dua kali lebih mungkin untuk membeli sesuatu yang mereka lihat di video YouTube dan empat kali lebih mungkin untuk mencari informasi tentang merek, produk, atau layanan menggunakan YouTube dibandingkan platform lain.

YouTube tidak membatasi jenis video apa yang dapat Anda buat di platformnya. Tapi, ia memiliki standar komunitas dan kewajiban terkait keamanan penggunanya.

Jadi, pastikan pastikan Anda mengajukan pertanyaan yang tepat sebelum mengunggah video pertama Anda. Jenis konten apa yang paling menarik bagi subscribers Anda? Ajakan bertindak mana yang paling sesuai dengan audiens target Anda? Dan lain sebagainya. Lalu, gunakan strategi konten.

Pendapatan iklan dari video YouTube adalah cara paling dasar untuk menghasilkan uang di YouTube.

AdSense, program pendapatan iklan Google, memungkinkan pembuat konten untuk menampilkan iklan di video mereka dan menerima sebagian dari pendapatan yang diterima YouTube dari pengiklan untuk membuat dan menghosting konten.

Berikut kira-kira hitungannya:

Google membayar pembuat konten dengan tarif 68 persen. Artinya,  untuk setiap 100 dolar yang dibayar pengiklan, Google membayar 68 dolar kepada Anda sebagai pembuat video.

Sementara tarif yang dibayar oleh pengiklan bervariasi antara 10 sen hingga 30 sen per tampilan, tapi menurut Influencer Marketing Hub rata-rata 18 sen per tampilan.

Rata-rata channel YouTube menerima sekitar 18 dolar per 1.000 tampilan iklan di seluruh channelnya. Jumlah ini berkisar 3 hingga 5 dolar per 1.000 penayangan video.

Masih menurut Influencer Marketing Hub, Google menyimpan sekitar 45 persen dari yang dibayar pengiklan, jadi Anda hanya memperoleh antara 1 atau 2 dolar per 1.000 tampilan.

Namun AdSense hanya akan membayar ketika akun Anda mencapai 100 dolar.

Program Mitra YouTube

Anda sudah bisa memperoleh pendapatan iklan dari akun YouTube gratis dengan fungsi dasar. Tapi, setelah mencapai pencapaian tertentu, channel Anda bisa bergabung dengan Program Mitra YouTube dan memperoleh lebih banyak pendapatan dari fitur tambahan.

Syaratnya adalah:

·        Memiliki 1.000 subscriber

·        Memiliki 4.000 jam waktu tonton publik yang valid selama 12 bulan terakhir

·        Tersedia di negara Anda

·        Mengikuti semua kebijakan monetisasi YouTube

·        Memiliki akun AdSense yang tertaut

Setelah sasaran saluran tersebut terpenuhi, YouTube menawarkan cara tambahan untuk menghasilkan uang sebagai Mitra YouTube, termasuk:

Pendapatan iklan: Pendapatan iklan diperoleh dari iklan display, overlay, dan iklan video di konten Anda.

Langganan channel: Subscribers dapat melakukan pembayaran rutin bulanan dengan imbalan fasilitas atau hadiah khusus.

Galeri merchandise: Merchandise Kemitraan YouTube memungkinkan penggemar Anda membeli merchandise bermerek resmi.

Pendapatan YouTube Premium: Dapatkan bagian dari biaya langganan Subscribers YouTube Premium saat mereka menonton konten Anda.

Sponsor

Sponsor adalah cara efektif untuk meningkatkan penayangan, penjualan, dan kredibilitas sebagai bisnis kecil di YouTube.

Selain itu, kemitraan merek, video bersponsor atau penempatan produk adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penghasilan Anda di YouTube.

YouTube juga dapat menawarkan sponsor berdasarkan per-penjualan atau komisi.

Mempromosikan produk atau layanan Anda

Banyak channel YouTube mengembangkan barang dagangan atau produk untuk dijual setelah memiliki basis penggemar yang besar.

Namun, Anda tetap memerlukan tempat untuk mengarahkan orang agar dapat membeli barang Anda tersebut, seperti situs web bisnis dengan fitur belanja (seperti Shopify) atau pasar (seperti Etsy). Jadi, pastikan untuk menambahkan tautan toko Anda ke setiap deskripsi video.

Trafik untuk menumbuhkan blog

Gunakan channel YouTube untuk mengarahkan trafik ke web Anda. YouTube juga dapat membantu memperluas akun media sosial Anda (Pinterest, Instagram, Facebook, dan lainnya) serta menawarkan lebih banyak peluang untuk sponsor, visibilitas, dan pendapatan.

Selamat mencoba! (imt)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day