Sungailiat–GeRal: Sebanyak 40 orang peserta dari usaha mikro di Kabupaten Bangka mengikuti pelatihan pengembangan usaha di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (13/7). Pelatihan dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil Menengah,

Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas para pelaku usaha mikro agar dapat berkembang menjadi usaha kecil hingga menengah. Para peserta diberikan materi dan bimbingan bagaimana mengembangkan usahanya ke depan.

Bupati Bangka Mulkan SH MH yang hadir membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh peserta atas upaya mereka dalam pengembangan usaha mandiri. Dia mengatakan, keinginan dan kedisiplinan adalah kunci utama keberhasilan suatu usaha.

“Usaha mikro kecil menengah ini memiliki peran yang sangat penting guna membangun ekonomi daerah bahkan nasional. Sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Di masa pandemi Covid-19 banyak perusahaan besar hingga menengah mengalami kesulitan dalam pemasaran produk expor-impor. Namun  usaha mikro kecil yang target pemasarannya ke masyarakat sekitar  cenderung tidak terpengaruh pandemi.

Pemerintah Kabupaten Bangka telah berupaya mendukung para pelaku usaha mikro dan kecil. Salah satunya dengan menyiapkan tempat pemasaran di kawasan Cokro Sungailiat serta menyediakan pinjaman dana usaha tanpa bunga.

“Kita telah menyiapkan Kampoeng Rafika Duri yang berlokasi di Cokro Sungailiat untuk memasarkan produk-produk lokal. Di samping itu, kita juga telah bekerja sama dengan Bank Sumsel-Babel untuk menyediakan dana bantuan usaha tanpa bunga bagi para pelaku usaha kita,” kata Bupati. (imt)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day