Jakarta–GeRal: Saat dunia memasuki era digital, pemasaran lewat YouTube menjadi salah satu faktor keberhasilan untuk berbagai jenis bisnis, terutama untuk mempromosikan merek.

YouTube memang menawarkan platform untuk mempublikasikan konten video yang punya kekuatan untuk mendatangkan pelanggan, tidak saja lokal tapi dari seluruh dunia. Tapi, itu membutuhkan konsistensi dan strategi pemasaran yang jitu.

Berikut ini 5 cara terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda, terutama bagi UMKM melalui YouTube, dikutip dati thebossmagazine.com:

1. Sesuaikan channel atau saluran YouTube Anda

Identitas merek secara visual memainkan peran penting dalam mengembangkan bisnis Anda di YouTube. Oleh karena itu, sesuaikan channel YouTube Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Perhatikan tips berikut:

·        Foto profil dan sampul. Selalu gunakan logo merek Anda sebagai foto profil. Headshot bekerja dengan baik untuk blogger video independen. Demikian pula, buat foto sampul yang menarik untuk channel Anda. Ingat, foto sampul harus memberikan gambaran yang jelas kepada pemirsa tentang channel tersebut.

·        Deskripsi channel. Ini dikenal sebagai ‘Halaman Tentang YouTube’. Di sinilah pemirsa Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang siapa Anda dan bisnis Anda. Buatlah bio yang informatif. Beri tahu pemirsa tentang merek Anda dan jenis konten yang Anda publikasikan di channel Anda.

·        Judul dan deskripsi video. Buatlah judul video yang menarik dan gunakan kata kunci khusus industri untuk membantu peringkat video Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian. Anda juga dapat menambahkan informasi tentang situs web Anda, katalog bisnis, dan banyak lagi di kotak deskripsi tersebut.

2. Buat video trending

Video yang sedang tren adalah cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan di YouTube. Audiens Anda dapat melihat video yang sedang tren di beranda YouTube di bawah ‘Tab Trending’. Video-video ini mencerminkan apa yang tengah populer dan memberikan peluang bagi video Anda menjadi viral juga di YouTube.

Membeli Subscribers YouTube juga akan membantu Anda meningkatkan konten Anda di YouTube. Video viral akan membantu menciptakan eksposur yang signifikan bagi merek bisnis Anda. Selain mengikuti tren, konten Anda juga harus bernilai atau informatif.

3. Sertakan ajakan bertindak interaktif

Ajakan bertindak adalah cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan di YouTube. Buat ajakan yang jelas dan ringkas untuk mendorong orang menyukai, berbagi, dan Subscribe channel YouTube Anda. Misalnya, membuat video menghibur yang akan memikat audiens. Minta pemirsa untuk like dan subscribe channel Anda agar mendapat notifikasi pembaruan.

Cara ampuh lainnya untuk mendapatkan lebih banyak subscriber  adalah dengan melakukan giveaway untuk meningkatkan partisipasi pemirsa.

Tambahkan tautan situs web Anda dalam deskripsi dan minta subscribers untuk memeriksa koleksi merek Anda. Ini akan membawa lebih banyak traffic ke situs web Anda. Dengan demikian, membantu Anda meningkatkan bisnis Anda melalui YouTube.

4. Berkolaborasi dengan YouTuber lain

Video kolaboratif paling populer di kalangan pembuat konten. Ini adalah cara terbaik untuk menemukan audiens target Anda dan meningkatkan subscriber  YouTube Anda.

Bermitra dengan pembuat konten terkenal di YouTube yang relevan dengan target pasar dan merek Anda. Tidak perlu membatasi diri pada satu YouTuber. Anda dapat membuat video promosi, talk show, tutorial, dan video tantangan dengan YouTuber lain. Ini akan menciptakan kegembiraan di antara audiens Anda. Sehingga meningkatkan tayangan  video dan tingkat keterlibatan.

5. Lakukan YouTube Live

Siaran Langsung YouTube atau YouTube Live adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan pemirsa Anda secara riil. Sebagian besar merek dan bisnis mendapatkan traffic dan hasil yang luar biasa dari live streaming  YouTube. Di sini Anda dapat menjawab pertanyaan, menceritakan kisah Anda, dan berbagi update tentang acara atau penjualan mendatang.

Anda juga dapat membagikan informasi berharga tentang merek Anda atau mengadakan acara bincang-bincang dengan pakar industri atau influencer untuk membuat audiens Anda tetap terlibat.

Ini adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan audiens Anda yang akan meningkatkan bisnis Anda.

Jadi, kesimpulannya pemasaran melalui YouTube adalah proses pembelajaran yang berkelanjutan. Saat Anda menggunakan fitur dan membuat lebih banyak video, Anda akan menjadi lebih baik dalam mengoptimalkan channel Anda untuk mendapatkan lebih banyak subscribers.

Sebagian besar bisnis dan merek membeli subscriber YouTube untuk meningkatkan konten mereka. Tapi Anda juga harus fokus pada kualitas video Anda. Konsisten, berkolaborasi dengan orang lain, dan terus berinteraksi dengan audiens Anda. (imt)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day