Utah–GeRal: Bagaimana cara Anda menanam bibit ikan? Tentu saja sebagaimana lazimnya, dengan menuangkan bibit-bibit ikan tersebut dari kantong plastik beroksigen atau wadah lainnya.

Nah, ternyata di Amerika, tepatnya di negara bagian Utah ada cara unik menanam bibit-bibit ikan ke danau-danau terpencil. Caranya, dengan menggelontorkan bibit-bibit ikan tersebut menggunakan pesawat udara.

Baru-baru ini, sebuah rekaman video yang berasal dari Divisi Sumber Daya Satwa Liar negara bagian Utah menunjukkan aksi tersebut.

Ikan-ikan yang seperti terbang itu jumlahnya mencapai ribuan. Ikan-ikan ini berukuran “fingerling”, seukuran jari, atau ikan usia di bawah 1 tahun. Mereka dijatuhkan dari ketinggian sekitar 200 meter.

Ikan-ikan itu panjangnya antara 1-3 inci, mereka terbang perlahan ke air danau.

Sementara, pesawat udara yang membawanya bisa menampung ratusan pon air dan dapat meluncurkan sekitar 35.000 ikan dalam satu perjalanan.

Melepaskan ribuan ikan lewat udara dianggap sebagai metode yang lebih efektif mengingat danau-danau tersebut berada di area terpencil, ketimbang dengan mengangkut ikan-ikan hidup itu melalui jalur darat. Waktu yang digunakan akan jauh lebih lama sehingga sulit mempertahankan tingkat oksigen untuk para ikan.

Peluncuran bibit-bibit ikan lewat udara juga dianggap lebih efektif dan aman karena ukuran mereka yang kecil dan dilakukan dengan metode penjatuhan yang diatur sedemikian rupa.

Ternyata, metode semacam ini sudah digunakan di negara bagian Utah sejak tahun 1950-an, dan rutin dilakukan untuk mengisi lebih dari 200-an danau terpencil di negara tersebut. Nah, metode ini mungkin juga bisa ditiru di Indonesia, ya. (imt)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day