SOEHARTO DAN BOSNIA.

Tahun 1993, Kawasan bekas Yugoslavia itu dilanda perang saudara yang melibatkan pasukan Serbia-Kroasia dan Serbia-Bosnia. Kedua belah pihak kemudian mengerahkan seluruh kekuatan militernya termasuk persenjataan berat.

Pada masa itu, dikawasan Balkan berubah menjadi ladang pembantaian. Bahkan sebuah pesawat milik PBB yang melintas di Bosnia pun menjadi sasaran dan ditembak jatuh pada 11 Maret 1995.

Situasi yang tak menentu ditengah kecamuk konflik para pihak yang berseteru, membuat Presiden Soeharto jengah. Apalagi Indonesia ketika itu sebagai ketua Gerakan Non Blok – GNB. Dan demi kemanusiaan, dia bersegera mendatangi wilayah yang paling banyak mendera korban rakyat sipil, khususnya masyarakat Muslim Bosnia. “Ah.., saya yakin kalau niat kita baik, InsyaAllah hasilnya juga baik,” ujarnya ketika seseorang membujuk Pak Harto untuk mengenakan kembali helm dan rompi anti pelurunya. Bahkan ketika itu Sjafri Sjamsoedin kemudian diminta untuk nyangking (menenteng) helm dan rompi anti peluru itu.

13 Maret 1995, Presiden Soeharto bersama rombongan datang ke Sarajevo, ibu kota Bosnia, untuk menemui pemimpin Bosnia Alija Izetbegovic, tanpa jaminan keamanan dari NATO dan PBB. Bahkan semua rombongan diminta menandatangani surat perjanjian bahwa keselamatan mereka tidak ada yang menjamin.

Ditengah ancaman pertempuran, akhirnya Presiden Soeharto sampai ke istana Presiden Bosnia. Dengan disambut oleh teriakan dan lambaian tangan penduduk Bosnia. “Kami bisa melihat bagaimana bahagianya Presiden Bosnia saat itu menyambut kedatangan Pak Harto,” ungkap Menlu Ali Alatas ketika itu.

Perjalanan Presiden Soeharto kewilayah yang dilanda seteru itu kelak tetap dikenang sebagai sebuah perjalanan bersejarah. Lawatan itu akhirnya menghasilkan berdirinya sebuah masjid megah di ibu kota Bosnia yang merupakan bantuan para dermawan Indonesia.

Foto : Presiden Soeharto dan nampak pula Komandan Grup A Paspampres Kolonel inf Sjafrie Sjamsoedin. Mayor CPM Unggul K Yudhoyono

Sumber : soeharto.co. & matapadipessindo

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day