Karo–GeRal: Provinsi Sumatera Utara kini mulai mengembangkan bibit kentang sendiri untuk memenuhi kebutuhan perkebunan kentang di Sumut. Selama ini, bibit kentang diperoleh dari Pulau Jawa. Tempat pengembangan bibit kentang tersebut salah satunya terletak di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat mengunjungi pusat pembibitan kentang di daerah tersebut pada Rabu (28/7) mengatakan bahwa Sumut harus bisa mandiri dan memenuhi kebutuhan bibit kentangnya sendiri.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produksi kentang di daerah tersebut.

“Selama ini, pasokan bibit kentang di Sumut dipenuhi oleh bibit yang berasal dari Pulau Jawa. Kita harus kembangkan, dengan begitu perekonomian daerah bisa meningkat,” kata Gubernur Edy.

Gubernur juga memuji pusat pembibitan kentang di Desa Bukit tersebut. Menurutnya, hal tersebut bisa dicontoh di tempat-tempat lain di Sumut.

Gubernur Edy sendiri menargetkan agar Sumut bisa memenuhi kebutuhan bibit kentang tidak hanya di Sumut tapi juga untuk seluruh Pulau Sumatera dan tidak perlu lagi memasok kebutuhan bibit dari luar.

Namun, Gubernur Edy menekankan bahwa pihaknya tidak bisa bekerja sendiri. Partisipasi dari Forkopimda, khususnya Kabupaten Karo juga sangat diperlukan.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, perlu sinergi dari setiap pihak untuk kesejahteraan rakyat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan bahwa pembibitan kentang di Desa Bukit tersebut menggunakan metode bertingkat yang dapat menghasilkan bibit kentang dengan produktivitas yang lebih bagus. “Metode bertingkat ini membuat kentang bisa berbuah di atas dan di bawah, sehingga bibit yang dihasilkan bisa meningkat hingga 15 ton,” kata dia. (imt)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day