Sukabumi–GeRal: Sejumlah mahasiswa IPB University yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Sukabumi mengajarkan kepada para perangkat desa Cipetir Sukabumi tentang digitalisasi desa.

Program Pendampingan Digitalisasi Desa yang dilakukan pada bulan Juli 2021 itu dalam rangka upaya memperkenalkan manajemen data melalui pengelolaan sumber daya informasi desa.

Target pendampingan para mahasiswa IPB University adalah seluruh perangkat desa yang terkait dengan pengelolaan administrasi desa.

Materi yang kami berikan yaitu terkait dengan manajemen data, meliputi pengumpulan data, integritas dan pengujian, penyimpanan, pemeliharaan, keamanan, serta pengambilan data.

“Program ini bertujuan membantu kinerja perangkat desa dalam melaporkan informasi secara efisien, cepat, dan efektif,” ujar Hilman, salah satu mahasiswa IPB University yang tengah melakukan KKN-T di sana.

Di bawah bimbingan dosen IPB University, mereka menjelaskan sejumlah layanan dari Google yang berfungsi untuk manajemen data desa.

Platform tersebut di antaranya, Google Drive untuk penyimpanan data, Google Docs, Spreadsheet, Slide untuk pembuatan berbagai dokumen secara online, Google Form untuk pengumpulan data/pendataan, Google Calendar untuk membuat agenda dan Google Meet untuk menyelenggarakan rapat secara online.

Mahasiswa juga memberikan tips-tips pengarsipan yang baik, diharapkan ke depan pengarsipan di Desa Cipetir menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Ide pendampingan digitalisasi desa muncul akibat kenyataan di lapangan terkait pengarsipan dan manajemen data Desa Cipetir yang masih manual.

Diharapkan, dengan pendampingan, perangkat desa bisa mengaplikasikan materi yang telah disampaikan. Selain pendampingan, para mahasiswa itu juga membuat modul dan video tutorial, agar perangkat desa bisa mengakses kapan saja materi pembelajaran itu untuk pendalaman. Bagi kebanyakan mahasiswa, platform-platform digital semacam itu mungkin sudah kerap ditemukan dalam aktivitas sehari-hari, tapi tidak bagi para aparatur desa di sebuah tempat yang terpencil di Sukabumi. Jadi, apa yang dilakukan para mahasiswa ini pasti sangat bermanfaat. (red)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day