Jakarta–GeRal: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengajak masyarakat untuk mencintai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal dengan cara membeli produk-produk tersebut.

“Saat ini dengan proses kurasi yang bagus, produk-produk UMKM nasional sangat kompetitif,” kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting dalam konferensi pers daring ‘Bangga Buatan Indonesia’ Rabu (4/8).

Dia berharap masyarakat lebih mempercayai produk-produk UMKM yang saat ini kualitasnya sudah meningkat dan sangat kompetitif.

Menurut dia, sebetulnya bila dipercaya untuk membuka pasar ke luar negeri, produk UMKM sudah sangat unggul.

Karena itu, masyarakat Indonesia harus mencintai produk UMKM terlebih dahulu.

“Jika bukan kita sendiri, siapa lagi,” katanya.

Menurut Loto, cara masyarakat bangga dengan produk UMKM harus diwujudkan dengan mengonsumsi atau membelinya.

Selain itu, pihaknya mendorong agar UMKM tidak hanya meningkatkan kualitas produk, tapi juga kapasitas produksinya.

“Harapan saya lainnya, sekali lagi saya ingatkan kepada kita semua selaku pemangku kepentingan dan pembina UMKM, kita harus bersama-sama berkolaborasi, bersinergi untuk mendukung UMKM nasional, karena data statistik yang ada saat ini menunjukkan pelaku bisnis yang terbesar jumlahnya adalah sektor UMKM,” kata Loto.

Dengan demikian, lanjut dia, kalau UMKM benar-benar tangguh, bisa berharap perekonomian Indonesia akan turut maju.

Kementerian BUMN sebagai ‘Campaign Manager’ telah menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tujuannya, untuk membangun semangat dan aksi mencintai, mengapresiasi, menggunakan dan mengembangkan produk dalam negeri, khususnya sektor UMKM di kalangan masyarakat. (red)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day