Surabaya–GeRal: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggenjot percepatan vaksinasi di Jawa Timur sekaligus mendorong pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Untuk tujuan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir bersama Dirut BRI Sunarso mengunjungi sejumlah tempat di Jawa Timur, antara lain di Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan.

Menurut Erick, Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan milik negara sebagai agen pembangunan selalu melakukan sinergi dan terobosan dalam upaya penanganan Covid-19.

“Untuk membantu program percepatan vaksinasi, BUMN telah menyelenggarakan sentra vaksinasi bersama di berbagai tempat, baik dengan TNI, masyarakat dan juga  pemerintah daerah,” kata Erick dalam keterangannya, Minggu (15/8).

Kegiatan vaksinasi dilakukan pada tanggal 14-18 Agustus 2021 di Pondok Pesantren Nurul Jadid Kabupaten Probolinggo dan Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini di Kabupaten Pasuruan.

Vaksinasi menyasar 10 ribu peserta yang terdiri dari para santri/santriwati, pengurus pesantren, masyarakat umum serta kaum lansia.

Dirut BRI Sunarso mengungkapkan, pihaknya terus berkomitmen mengambil peran secara langsung mendukung pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi di berbagai daerah.

“Kami mendapat dukungan penuh dari Kementerian BUMN untuk bersama-sama mewujudkan upaya pemerintah mempercepat terbentuknya herd immunity dan menekan penyebaran COVID-19″ kata Sunarso.

Selain vaksinasi, Menteri Erick bersama Dirut BRI Sunarso juga melakukan kunjungan kepada UMKM-UMKM binaan.

Seperti di Dusun Tanjung Kidul, Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Di sana terdapat Kelompok Tani Cempiring (Cerminan Mimpi Petani Pinggiran) yang memiliki lahan pertanian seluas 60 hektare dengan anggota aktif berjumlah 30 petani.

Melalui komoditas jagung, padi, tembakau, serta inovasi hortikultura yang dikembangkan, kelompok tani tersebut meraup omset Rp300 juta hingga Rp350 juta dalam satu bulan. (tam)

Avatar

By tam

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day