Jakarta–GeRal: Tidak ada nama yang baku untuk mobil listrik karya anak bangsa ini. Mobil listrik atau molis karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Pandeglang ini bisa dinamai sesuai keinginan pemesannya.

Seperti mobil listrik yang dipesan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim ini, dinamai dengan Mobil listrik Sahabat Wahidin Halim.

Usai upacara peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia di Lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten di Serang, Selasa (17/8), Gubernur Banten Wahidin Halim langsung memperkenalkan mobil listrik karya siswa SMKN tersebut.

“Saya mengapresiasi dan menghargai karya dan kreativitas para siswa SMK. Ketua DPRD Provinsi Banten juga sudah uji coba,” kata Wahidin.

Menurutnya kreativitas membuat mobil listrik adalah salah satu upaya masyarakat menangkal polusi.

“Saran saya, desainnya perlu disempurnakan,” kata Gubernur Banten itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni juga mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten agar mendukung pengembangan mobil listrik karya siswa SMKN tersebut.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 4 Kabupaten Pandeglang Susila, para siswa merancang mobil listrik yang dilengkapi dengan panel surya itu dari nol.

“Untuk merek mobil listriknya sesuai pilihan pemesan. Pesanan Pak Gubernur mereknya Sahabat Wahidin Halim,” kata dia.

Hingga saat ini, siswa SMKN 4 Kabupaten Pandeglang telah merakit dua tipe mobil listrik, yakni Molis 1 dan Molis 2.

Molis 2 yang dirakit menggunakan motor 5000W DC 60/72 Volt, empat aki kering 12 Volt 100 Ah, rangka steel hollow, dan roda R14. 65/70 bisa melaju dengan kecepatan 40 sampai 60 km/jam dan kapasitas penumpangnya enam orang.

Sedangkan Molis 1 dengan kapasitas penumpang empat orang bisa melaju dengan kecepatan 20 sampai 40 km/jam dirakit menggunakan motor 2000W DC 48/52 Volt, 4 aki kering 12 Volt 100 Ah, rangka steel hollow, dan roda R13.65/70. (tam)

Avatar

By tam

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day