Jakarta–GeRal: Dalam kesempatan kunjungan ke Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/8) Presiden RI Joko Widodo sempat mengunjungi Madiun untuk melihat potensi ekonomi dari komoditas bernama porang.

Presiden Jokowi meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk serius mengembangkan komoditas porang karena diprediksi bakal menjadi makanan sehat masa depan.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Mentan untuk betul-betul kita seriusi komoditas baru ini, porang,” ujar Jokowi saat meninjau fasilitas pabrik pengolahan porang di Madiun.

Jokowi berharap, dalam waktu tak lama lagi Indonesia bisa menjadi eksportir porang dalam bentuk setengah jadi atau jadi, bukan yang mentah. Misalnya, tepung dan beras berbahan dasar porang.

Porang merupakan sejenis tanaman umbi-umbian yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri Bl. Di sejumlah daerah, porang dikenal dengan nama ‘iles-iles’. Sama seperti umbi-umbian lain sejenis singkong dan talas, porang juga dapat dikonsumsi.

Namun kelebihannya, selain bermanfaat bagi kesehatan, porang juga dapat diolah menjadi produk yang menghasilkan nilai tambah secara ekonomi.

Untuk pasar Jepang misalnya, porang bisa menjadi bahan baku tepung konjac atau konyaku. Tepung ini biasanya diolah menjadi mie shirataki oleh masyarakat Jepang.

Menurut sumber, porang mengandung glucomannan yang merupakan serat alami serta larut dalam air. Glucomannan juga biasa digunakan sebagai aditif makanan atau sebagai emulsifier dan pengental atau pengganti agar-agar.

Glucomannan juga bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem yang ramah lingkungan. Pembuatan komponen pesawat terbang juga bisa memanfaatkan bahan dasar porang.

Berdasarkan data dari Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, volume ekspor porang pada semester I 2020 lalu mencapai 14,8 ribu ton.

Angkanya naik 9.000 ton atau 160 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Negara tujuan ekspor porang antara lain China, Vietnam dan Thailand.

Kementerian Pertanian mengakui peningkatan ekspor porang ini menjadi salah satu yang penyumbang kenaikan ekspor pertanian nasional. (tam)

Avatar

By tam

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day