Kepri—GeRal: Jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan besarnya minat masyarakat untuk mencari kerja ke luar negeri.

Namun demikian, besarnya keinginan masyarakat untuk bekerja di luar negeri membawa dampak positif maupun negatif.

Dampak positifnya, yaitu dapat mengatasi sebagian masalah penggangguran di dalam negeri. Namun risiko terjadinya perlakuan yang tidak manusiawi terhadap PMI juga besar.

Oleh karena itu, Sesjen Wantannas Laksdya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., M.Tr.(Opsla) bersama tim Kajian Daerah (Kajida) unit Kedeputian Pengembangan Setjen Wantannas mengunjungi Provinsi Kepulauan Riau untuk mengkaji secara langsung penanganan terintegrasi terhadap PMI ilegal di Kepri demi menjaga kondusifitas keamanan nasional.

Pengiriman PMI ke luar negeri merupakan pilihan strategis bagi upaya pemecahan masalah pengangguran di Indonesia.

Selain mengurangi masalah pengangguran juga memberikan kontribusi yang besar bagi pemasukan devisa negara.

Propinsi Kepri merupakan salah satu tempat penampungan Tenaga Kerja Ilegal yang berasal dari NTT, NTB, Jatim dan Jabar.

Hal ini dikarenakan posisi Kepri yang memiliki akses transpotasi laut jalur tikus yang kerap digunakan untuk penyelundupan PMI ke Malaysia dan ke negara tujuan lainnya.

Tim Kajida Wantannas RI yang diketuai Deputi Pengembangan Marsda TNI Dr. Sungkono, SE, M. Si bersama tim mengunjungi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan I) dan diterima langsung oleh Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., S.Tr. Opsla.

Pejabat Wantannas RI turut hadir antara lain, Mayjen TNI Dr. Rizerius Eko. H., S.E., S.A.P., M.Si., Mayjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M., Brigjen TNI Heru Triyanto, S.Sos, MM., Kolonel Laut (P) Jatmiko Hariyono, M.M., AKBP Dr. Dadang, SH, SIP, SS, MH, M.Si, M.Kn., Letkol Kav Rahman, S.Pd, M.Si dan Dr. Agus Syarip Hidayat. (tam)

Avatar

By tam

Tinggalkan Balasan

Lagi Hangat Selamat Hari Bakti TNI AU Ke-74 Qoutes of day