Jakarta – GeRal. Mahasiswa dianggap memiliki akses yang lebih mudah terhadap ilmu pengetahuan. Dengan kemudahan tersebut mahasiswa dapat menambah wawasan. Mengasah kemampuan berpikir serta belajar mempertajam analisis terhadap sesuatu termasuk kondisi sosial.
Mahasiswa dapat menjalankan perannya sebagai agen perubahan dan membawa masyarakat pada tatanan sosial yang lebih adil. Ketika mahasiswa mampu melihat secara kritis kondisi sosial yang ada maka ia bisa mengupayakan perubahan agar masyarakat hidup dalam kondisi yang lebih ideal.Namun peran ini tentunya tak mudah. Nyatanya tak semua mahasiswa mampu mengemban peran-peran tersebut. Mahasiswa perlu terus belajar dan menambah pengetahuan agar bisa menjalankan perannya.


Tepat pada tanggal 17 Oktober , telah dilaksanakan pelantikan Kesatuan Mahasiswa Indonesia ( KESMI ) DPW DKI Jakarta yang bertempat di Aula RTH Kalijodo. Dalam Acara ini, untuk pelantikan KESMI dilakukan oleh ketua DPP KESMI Yusran Suwedi bersamaan pelantikan Yusran berharap pengurus KESMI berperan aktif dalam organisasi merupakan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa, karena dalam organisasi, mahasiswa dapat belajar menjadi pemimpin, bekerja sama, bertanggung jawab serta belajar kejujuran.
Kemudian Daenk Jamal selaku Dewan Pembina dalam sambutannya menyatakan bahwa, tema “ Kita Buat Kesmi Menjadi Keren Lewat Kerja Nyata Bukan Kata-kata”.Contoh Nyata Mahasiswa Sebagai Agent of Change (Agen Perubahan) – Sebagai kaum intelektual, mahasiswa dipandang punya peran besar dalam mengubah tatanan sosial. Narasi yang berkembang selama ini menyebutkan bahwa mahasiswa merupakan agent of change atau agen perubahan.Mahasiswa diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang mampu membuat perubahan-perubahan positif untuk masyarakat.


Peran besar ini selalu ditanamkan kepada mahasiswa bahkan sejak memasuki bangku perkuliahan. Mahasiswa diharapkan bisa menjalankan peran ini dengan baik ungkap Daenk Jamal.
Mahasiswa perlu membangun kesadaran akan potensinya dan tidak diam saja ketika melihat realita sosial. Tidak mudah percaya arus informasi. Sebagai kalangan terdidik, mahasiswa harus berani mempertanyakan status quo dan mendobraknya agar terjadi perubahanSementara itu perubahan tidak bisa terjadi tanpa adanya aksi nyata. Mahasiswa harus saling bahu-membahu untuk melakukan aksi tersebut dan mengubah keadaan. Selain itu, mahasiswa perlu membangun keberanian dan sikap kritis hal tersebut juga ditambahkan Yusran selaku ketua DPP KESMI saat melantik Jefri sebagai ketua DPW DKI Jakarta KESMI.
Setelah selesai pelantikan dan penyerahan acara SK kepada DPW KESMI DKI Jakarta .Daenk Jamal selaku Pembina KESMI DKI Jakarta, untuk satu tahun kedepan mendampingi dan membina serta mengawasi program dari pengurus KESMI terpilih tahun ini. Semoga ke depan akan lebih baik lagi. Sukses dan semangat.(Djo)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan