Jakarta – GeRal. Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, membuka seminar Karakter Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Mewujudkan Prajurit Yang Handal dan Kompeten program Litbanghan TNI AD TA 2021 bertempat di Hotel Aston Kartika Grogol, Kamis (21/10/2021).

Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, dalam opening dan keynote speakernya mengatakan bahwa Kepemimpinan Dansat di dalam organisasi TNI AD sangat mempengaruhi kinerja dan profesionalitas prajurit di satuannya. Banyak contoh nyata yang telah dibuktikan oleh seorang Dansat dalam melaksanakan Binsat, Gaya kepemimpinan yang tidak hanya berpedoman pada 11 asas kepemimpinan, namun Dansat juga diharapkan adaptif menyesuaikan perkembangan Iptek untuk menambah wawasan sehingga dapat menghasilkan konsep baru.

” Karena karakter kepemimpinan Dansat menjadi penentu dan tolok ukur dalam satuan, maka dituntut untuk kreatif, inovatif, mau bekerja keras, memiliki moral dan integritas agar dapat mengatasi kendala dalam melaksanakan tugas sehingga dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karakter kepemimpinan Dansat yang bercirikan holistik sangat diperlukan dengan memberikan contoh, tulus dan ikhlas dalam memimpin selalu berada di tengah anggota, sehingga mampu merasakan setiap persoalan yang terjadi di satuan. Namun di lain kesempatan masih terdapat Dansat yang tidak menerapkan kepemimpinan holistik, bahkan menghalalkan segala cara untuk mencapai apa yang diinginkannya, dengan mengabaikan nilai kejujuran hakiki atas tindakan yang telah dilakukan, kurang bertanggung jawab, dan kurang konsisten, sehingga berakibat pada lemahnya karakter sebagai seorang Dansat, “ujarnya,

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa pada setiap tahunnya (sesuai tahapan penentuan program Litbang) terdapat beberapa kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan oleh fungsi Litbang jajaran balakpus TNI AD baik di bidang insani, sismet dan materiel Angkatan Darat. Output dan outcome Litbang menjadi pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya, dan salah satu pendukung program Litbanghan tersebut adalah kegiatan seminar. Di mana judul seminar yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu hasil penelitian terpilih dari program Litbanghan TNI AD TA 2020 dibidang insani yang dilaksanakan oleh Seskoad dengan judul “Karakter Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Mewujudkan Prajurit yang Handal dan Kompeten”.

Nara sumber yang tampil pada seminar tersebut, Dirjak Strahan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Dr. Untung Purwadi.,S.E., M.Si., dengan Pokok Pembahasan : Menciptakan Karakter Kepemimpinan Komandan Satuan di Era Teknologi 4.0 : Menjawab Tantangan Globalisasi dan Pemikiran Strategis, Kadispsiad Brigjen TNI I Made Riawan, S.Psi. dengan Pokok Pembahasan : Kepemimpinan di Era Digital, Rektor Unjani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. dengan Pokok Pembahasan : Interaksi Kepemimpinan Sipil – Militer, Kabidjianbang Strahanrat Sdirjianbang Seskoad Kolonel Czi Fakhrudin, dengan Pokok Pembahasan : Analisa Karakter Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Mewujudkan Prajurit yang Handal dan Kompeten, serta Steffi Gabriela Sihotang, S.Sos., selaku moderator.

Hadir dalam acara seminar, Kapok Sahli Pangdam Jaya, Dirjianbang Seskoad Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko, Dirjianbang Secapa AD Brigjen TNI Robet Giri, Dirkumad Brigjen TNI Dr. Tetty Melina, S.H.,M.H., Paban III Litbang Astro Srenad, Kepala, Direktur Jajaran Puscabfung TNI AD, Jajaran Balakpus, Jajaran Kodiklat, Jajaran Lemdikpus, Kopasus, Kostrad, Akademisi juga para Dansat di batalyon mengikuti melaui zoom meeting. (Dispenad)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan