Lombok Utara – GeRal. Lombok Utara tidak bisa hanya bergantung pada sektor pariwisata saja karena memiliki kerentanan jika terjadi bencana wabah seperti pandemi Covid-19.
Komoditas yang sangat potensial di Lombok Utara antara lain vanili, bawang merah, porang, kopi, hingga kelapa di wilayah pesisir. Vanili, kopi sendiri sudah menjadi komoditas ekspor. Potensi kopi di Lombok Utara mencapai 2000 hektar, ekspor kopi sudah dilakukan ke Korea Selatan dan saat ini diminati oleh Turki.

Kelompok Tani Ternak – Kelompok Pemuda Tani Indonesia “Tunas Muda“ merupakan perkumpulan Pemuda Tani, Peternak dan Pekebun yang terbentuk atas dasar kesamaan usaha (kegiatan), kondisi lingkungan serta keakraban dengan lisan lahan 11 hektar dan jumlah anggota kelompok pemuda tani 15 orang.
Menurut Yudi M Idris sebagai ketua kelompok unit KPTI “Dengan terbentuknya Kelompok Pemuda Tani ini di harapkan bisa menjadi kelas belajar bagi para Pemuda Tani di Desa mumbul sari juga menjadi wadah tempat belajar mengajar antara sesama Anggota Kelompok dalam meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap serta menambah Wawasan para Pemuda Tani (Milenial)”. “Sehingga menurut Yudi menjadi lebih efisien hingga mampu menghadapi ancaman dan tantangan serta bisa menjadi Unit Produksi yang dapat di kembangkan untuk mencapai skala ekonomi usaha tentunya dengan tetap menjaga kwalitas, kwantitas dan keberlanjutan Produksi Pertanian di Dusun Lokok Reban Timur.
Saat ini kelompok KUB unit KPTI tunas muda ini sedang menggiatkan tanaman holtikultura khususnya cabai karena melihat peluang pasar yang baik karena sebentar lagi masuk musim hujan.
Pada kesempatan yang berbeda koordinator kabupaten KKT-PTI Lombok Utara menerangkan “KKT-PTI akan hadir di setiap pemuda yg punya komitmen tinggi dalam mengembangkan pertanian dengan sentuhani in syaa Allahi petani muda kita mampu, ini seiring dengan komitmen koordinator nasional KKT-PTI bapak Daenk Jamal bahwa beliau bersama Kementerian Pertanian RI akan mendukung penuh setiap pemuda di negeri ini guna mengembalikan Marwah bangsa sebagai negara agraris”.

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Gerai Jenderal We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications