Jakarta -GeRal. Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yakni sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangssan. Gerakan Pembauran Bangsa dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk menjaga, memelihara dan mempertahankan serta memperkokoh persatuan, kesatuan dan eksistensi bangsa. Forum Pembauran Kebangsaan Jakarta Barat periode 2021-2026 di Aula RTH Kalijodo, Jakarta Barat (3/11/2021).
Besar harapan organisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) bisa menguatkan rasa kebangsaan di kehidupan masyarakat meski berbeda suku, agama dan golongan.
“Semoga dapat menguatkan rasa kebhinekaan ditengah masyarakat,” dalam sambutannya Mohamad Ihsan Ketua terpilih hasil rapat pleno .

Menurutnya, Kebhinekaan bisa menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI dan kesadaran yang baik dalam memelihara persatuan dan mampu menjadikan Indonesia lebih maju.

Sedangkan, Daenk Jamal menyampaikan, seluruh pengurus FPK yang didalamnya terdapat berbagai etnis bisa memberikan pembelajaran dan kesadaran yang baik.
Kesadaran yang baik maksudnya, setiap etnis harus disadarkan tentang kebhinekaan.
“Agar rasa persatuan dan kesatuan terus terjaga, hingga terciptanya kerukunan dan suasana yang nyaman dan kondusif di Jakarta Barat ,” katanya.

Pelantikan Forum Pembauran Kebangsaan Jakarta Barat sesuai penyelarasan Forum Pembauran Kebangsaan serta pelantikan yang dilakukan Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko.

Susana Pengukuhan penuh dengan kesenian dan budaya nusantara, dibuka dengan atraksi barongsai dan palang pintu dari seniman Jakarta Barat serta disajikan aneka makanan Nusantara.

Sementara itu sambutan kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakri yang di wakili oleh Kabid Idewasbang Provinsi DKI Jakarta, Asik mengatakan, bahwa pembauran kebangsaan ini menjadi penting dalam rangka mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis yang ada. “Saat ini kita dijajah oleh kebudayaan yang ingin mencabik-cabik persatuan dan kesatuan yang sudah terbangun selama beberapa dekade,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap FPK dapat memberikan kontribusi dalam mengintegrasikan anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian di DKI Jakarta, bagaimana terciptanya ketertiban dan keamanan di DKI Jakarta, khususnya Jakarta Barat
“Menurut kami, FPK adalah aset strategis yang ada di ibu kota stabilitas keamanan dan kenyamanan warga amat ditentukan oleh para tokoh – tokoh FPK bisa membangun kerukunan yang ada di masyarakat,” ujarnya kembali.

Turut Hadir diacara, Pengukuhan FPK, Ka’ban Provinsi DKI Jakarta Diwakili oleh Kabid Idewasbang, Asik, di dampingi Kasubanpol Jakarta Barat, Moh muhamad Matsani, Kasubbid Idewasbang, Jan Kristian Saragih, Subur ,Ketua Dewan Kota Jakarta Barat ,Kapolres Jakarta Barat, Dandim 0503/JB, Kepala kejaksaan, Kepala pengadilan Jakarta barat, Ketua FKUB, Kepala Imigrasi, Kamenag Korwil Kabinda dan para Camat, Lurah se-Jakarta barat.

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan