Jakarta – GeRal. Sejumlah pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta (4/11).Bertempat di Masjid Jami An Nur di bilangan Mampang Prapatan .
Badan Ekonomi Syari’ah Dewan Masjid DKI Jakarta ,menggelar rapat koordinasi ekonomi syari’ah Sedangkan untuk Pembahasan dibawakan oleh Ust. Abdul Manan ,M.Kom dengan judul Strategi Pemberdayaan SDM Masjid / Musholla sebagai Entepreneur di lingkungan setempat
serta penyiapan pembuatan data base UMKM .
Masjid tidak hanya memiliki fungsi keibadahan, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. Masjid juga seharusnya memiliki fungsi sosial ekonomi dengan adanya pengembangan ekonomi syariah sebagai solusi bagi problematika umat.

“Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab untuk menggerakkan dan memberdayakan masyarakat di sekitar masjid,” bebernya.

Abdul Manan sosok yang fokus pada UMKM selain sebagai pengurus DMI Provinsi DKI Jakarta, Konsen Manan tidak memungkiri, pandemi Covid-19 cukup membawa dampak terhadap jalannya usaha para pelaku UMKM, yang mengakibatkan produksi usahanya kurang berjalan lancar dan mengalami kelesuan.

Manan mengaku memiliki semangat dan motivasi dalam berjuang untuk kemenangan dan perkembangan ekonomi syariah. “Dibanyak tempat selalu saya kobarkan tentang ekonomi Islam. Saya yakin, ekonomis syariah ini yang akan menjadi solusi baik Dilingkungan Masjid maupun lingkungan Kampus serta Komunitas UMKM

Harapan ke depan setelah pelatihan ini adalah hal ini merupakan kesempatan yang terbaik bagi para Kaum muda dalam mengembangkan jiwa kewirausahawan dengan berlandaskan ekonomi syariah dan pemberdayaan masjid.
Dalam rapat koordinasi hadir pula Ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia,Biem Benyamin begitu antusias dalam pembahasan ekonomi syari’ah kedepan. Pembahasan lain juga materi Program Penanggulangan Bencana Banjir dan Kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dan Bencana.
Serta. Sampah dengan Pilot Proyek di Masjid Raya Hasyim Asy’ari serta pencanangan Green City, Agroponik, Agrobisnis berbasis Masjid- Masjid Raya di Jakarta ,dan Pembentukan Koperasi Sapi perah dan Peternakan Hewan Qurban bagian rapat hari ini.

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan