Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan pertama kali oleh Ir.Soekarno melalui Keputusan Presiden No.316 Tahun 1959.
Ditetapkannya Hari Pahlawan pada 10 November guna mengenang peristiwa dan perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa untuk melawan penjajah bersama arek-arek Suroboyo.

Perjuangan ini ditempuh sebagai bentuk mempertahankan kemerdekaan terhadap kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Memaknai hari pahlawan adalah hal penting karena merupakan bentuk penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan yang mempertahankan NKRI.

Menurut Daenk Jamal pahlawan adalah orang-orang yang berjasa untuk negeri ini. Berjuang keras dan rela berkorban demi kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia. Hari Pahlawan merupakan momen mengenang, mengingat, mengobarkan kembali jiwa dan semangat para pahlawan di dalam diri untuk meneruskan perjuangannya.

“Sebagai generasi penerus, kita harus siap untuk menghadapi tantangan di era milenial ini dengan terus belajar memaknai perjuangan dan meneruskannya karena hasil jerih payah para pahlawan merupakan warisan yang harus terus dilanjutkan,” kata Daenk Jamal.

Mengingat saat ini situasi tengah pandemi, tentu cara yang dapat dilakukan juga adalah membantu pemerintah dalam aksi nyata Misalnya gerakan menolong dan membantu sesama yang membutuhkan dan belum beruntung dalam mengais rejeki atau mereka yang terpinggirkan karena cacat fisik dan mental. Serta penanaman sikap hormat kepada orang yang lebih tua, penanaman rasa solidaritas kerjasama antar komunitas/kelompok organisasi kemasyarakatan maupun penanaman jiwa-jiwa kepahlawanan, perilaku hidup disiplin, tertib dan bertanggung jawab dan memiliki sifat sifat rela berkorban, tidak mementingkan diri sendiri, tidak membeda-bedakan orang, pemberani dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan yang diyakini.

Daenk Jamal
Panglima Laskar Merah Putih
Koordinator Nasional KKT-PTI

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan