Jakarta – GeRal.Dalam rangka penutupan kursus laporan keuangan terpadu organisasi bidang keuangan yang di laksanakan pada 26 November 2021, Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) yang di pimpin Kadiskual Laksma TNI Poedji Santoso, CHRMP., selaku pembina teknis bidang keuangan di lingkungan Unit Organisasi (UO) TNI AL memberikan penghargaan berupa medali dan piagam penghargaan kepada prajurit terbaik, bertempat di Ruang Rapat Diskual, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, baru baru ini.

Sebelumnya, kegiatan ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang tertera dalam program prioritas yakni membentuk SDM TNI AL yang unggul dan profesional, hal tersebut dilaksankan dengan agenda kursus Sistem Akuntansi Internal Berbasis Akrual (SAIBA) tingkat Manajerial TNI AL yang sebelumnya berlangsung selama 3 pekan. Saiba adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembukuan keuangan di tingkat satuan kerja (satker) dengan produk yang dihasilkan berupa laporan keuangan yang akan di upload ke dalam aplikasi e-rekon dan LK.

Acara ini di ikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari 7 orang berasal dari wilayah Jakarta dan 13 orang berasal dari wilayah luar Jakarta. Selanjutnya, kursus ini akan di laksanakan dengan dua metode pembelajaran yaitu untuk wilayah Jakarta di lakukan pembelajaran tatap muka di kelas Diskual dan untuk wilayah luar Jakarta dengan metode Video Converence (Vidcon) di Satuan Kerja (Satker) masing-masing, hal ini di lakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Saat penutupan acara ini, Kadiskual menyampaikan bahwa Penyajian Laporan Keuangan UO TNI AL yang berkualitas bertujuan untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, kemudian kegiatan ini juga tidak lepas dari peran SDM Pengawak organisasi perbendaharaan. “Pelaksanaan kursus ini adalah salah satu upaya Dinas Keuangan Angkatan Laut selaku Pembina Teknis Bidang Keuangan dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang keuangan yang profesional,” ujar Kadiskual.

Lebih lanjut, Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso memberikan penekanan pada seluruh peserta kursus bahwa dengan ditutupnya Kursus Laporan Keuangan Terpadu TNI Angkatan Laut TA 2021 ini di harapkan agar selalu membiasakan diri untuk mengasah ilmu pengetahuan kususnya tentang laporan keuangan, melalui belajar mandiri dan selalu update terhadap regulasi-regulasi pemerintah tentang perbendaharaan negara.

“Pelaksanaan kursus tidak hanya sebatas menghasilkan output dari suatu kegiatan kursus tetapi lebih penting dan itu adalah out come yang dihasilkan target peserta kursus tidak sebatas memperoleh sertifikat kelulusan tapi harus dapat memahami dan menguasai kerangka konseptual penyusunan laporan keuangan pemerintah dan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam lingkup penugasan di bidang keuangan.

Dalam Penutupan ini dihadiri oleh para undangan terdiri dari Sekdiskual Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudodiputra, S.E., CF.rA.,, para Kasubdis di lingkungan Diskual, Ka Bp Tabplin, Ka Kuwil Mabesal, Kabagminpers Diskual, Ka Akun Mabesal serta Para Instruktur yang terlibat dalam Kursus Laporan Keuangan Terpadu TNI Angkatan Laut TA 2021.(Dispenal)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan