Surabaya – GeRal.  Untuk lebih mengakrabkan kemanunggalan TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan masyarakat Jawa Timur khususnya masyarakat Surabaya, TNI AL dalam memperingati Hari Armada yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2021 menggelar Navy Day bertempat di sekitar jalan Tunjungan Surabaya, Minggu (5/12).

Selain menjalin kemanunggalan, kegiatan ini untuk memupuk rasa kecintaan warga Surabaya dan sekitarnya kepada TNI AL dan mengembalikan marwah Surabaya sebagai Kota Angkatan Laut, dimana di kota inilah Komando Utama (Kotama) TNI AL mulai dari pendidikan (AAL, Kodiklatal), Penerbangan (Pusnerbal) dan operasi (Koarmada II, Lantamal, Pasmar II, Puskopaska) dan fasilitas pendukungnya (Rumah Sakit TNI AL) dan lain-lain bermarkas di Surabaya.

Kegiatan yang digelar hari Minggu pukul 16.00 – 20.00 WIB, melibatkan Kotama TNI AL antara lain, Kodiklatal, Koarmada I, II dan III, Kormar, Kolinlamil, AAL, Puspenerbal dan Pushidrosal. Rangkaian kegiatan meliputi kirab Genderang Suling (GS) yang dimainkan Taruna Taruni  AAL dan kirab pasukan, pameran Alutsista, stand pameran masing-masing Kotama TNI AL, music performance, fashion show dan demontrasi Rajawali Laut Flight.  

Kegiatan Kirab Pasukan akan dimulai dari titik start di depan Gedung Siola, Jl. Tunjungan dan finish di Jl.  Gubernur Suryo gedung  Grahadi, Surabaya dengan jarak sekitar 1.500 meter. Adapun susunan kirab yakni diawali Banner HUT Armada dan Bendera Merah Putih serta Lencana Perang TNI AL, diikuti Peleton Genderang Suling Gita Jala Taruna (± 100 personel), peleton dengan pakaian/tenue PDU II, Peleton Perwira dengan seragam PDU I, Black Navy, PDH Khusus, Peleton Kowal tenue PDU I dan PDU IV, Peleton Bintara tenue PDH Sus dan PDH, Peleton Tamtama tenue PDP, Peleton Bintara dan Tamtama pakaian PDL TNI AL serta Peleton Pasukan Khusus yang terdiri dari Kopaska, Kapal Selam, Penyelam, Penerbang, Taifib dan Kendaraan Taktis Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), Rantis Paska, Truk Chamber Dislambair, Rantis Marinir dan Mock Up serta Ambulance.

Selain kirab, pasukan juga dilaksanakan Pameran Alutsista yakni, RM 70 GRAD, P6 ATAV, Howitzer 105 MM, Mobil Chamber, ACMAT VLRA, Skuter Air DVP, Sea Rider Impact, Sea Rider NSW, Sea Rider Taifib, Jforce Hard Top, Jforce Soft Top, Skuter Rutinor, RHIB Kopaska, Tank BMP 3F.

Sementara itu, untuk menghibur rakyat peringatan Hari Armada ini TNI AL menggelar Music Performance  yang menampilkan antara lain, Kulintang Jalanada, Karawitan Kodiklatal dan beberapa Band Kesatuan TNI AL seperti Band Koarmada II, Band Satkor, Band Satkat, Band AAL, Band Pasmar 2 dan Band Puspenerbal. Tidak hanya pemusik dari prajurit TNI AL, kegiatan kali ini juga mendatangkan artis-artis nasional. Untuk lebih memperkenalkan seragam TNI AL kepada publik, juga digelar Fashion Show dengan menampilkan seragam TNI  AL seperti Pakaian Dinas Upacara (PDU) seperti  PDU I Perwira, Bintara dan Tamtama, PDU II dan PDU IV (Perwira), Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI AL dan PDL Marinir, Combat Suit/ Doreng Kopaska, Combat Suit/Doreng Denjaka dan Taifib, Flying Suit Penerbang, Penyelam, Kapal Selam, Provost, VBSS KRI, Black Navy, PDH Khusus, PDL dan PDH Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda.

Stand Pameran dari beberapa Kotama juga digelar agar masyarakat tahu dan paham betul kesatuan-kesatuan TNI AL dan tugas-tugas yang diembannya. TNI AL sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka untuk menanyakan langsung tentang keberadaan Kesatuan TNI AL dan fasilitas yang dipergunakan dalam melaksanakan tugas. 

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Gerai Jenderal We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications