Jakarta – GeRal.Mobile Team Training (MTT) Harbang Puanter Staf Teritorial TNI AD yang berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 25 Maret 2022, dan diikuti oleh 250 personil Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) jajaran Kodam V/Brw, secara resmi ditutup oleh Paban II/Puanter Sterad, Kolonel Inf Edi Saputra, S.I.P., M.Han. di Balai Prajurit Kodam V/Brw. Jumat, (25/3/2022).

Sponsor
Sponsor

Dalam sambutan penutupan Aster Kasad yang dibacakan Paban II/Puanter Sterad disampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan dan pemeliharaan kemampuan bidang teritorial ini, merupakan ujung tombak kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah, dihadapkan dengan tantangan tugas di era dunia maya dengan kemajuan internet dan perkembangan teknologi yang sangat pesat.

“Diharapkan dengan kegiatan yang telah dilaksanakan ini, para Aparat Komando Kewilayahan mampu menjawab tantangan tugas pelaksanakan Pembinaan Teritorial kepada masyarakat di era tranformasi teknologi dan dunia maya seperti sekarang ini,” ucapnya.

Selanjutnya diungkapkan Paban II/Puanter Sterad dalam sambutan itu, kegiatan MTT Harbang Puanter ini, merupakan terobosan terbesar dari Sterad dalam menyongsong pengembangan SDM individu teritorial yang lebih profesional dan lebih dekat dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat memberikan pembinaan terbaik bagi warga binaan di wilayah teritorialnya.

“Melalui materi kegiatan yang telah diberikan, para Aparat Komando Kewilayahan diharapkan juga dapat mencegah terjadinya penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian dan berkembangnya paham radikalisme dari dunia maya kepada masyarakat binaannya,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Paban II/Puanter Sterad mengatakan kegiatan MTT Harbang Puanter seperti ini akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan di Kodam-Kodam lainnya, sehingga diharapkan seluruh prajurit yang berdinas sebagai Apkowil dapat berperan aktif melaksanakan tugas Binternya terutama di dalam membina masyarakatnya untuk mencegah pengaruh negatif dari dunia maya atau kemajuan internet beserta dampaknya sehingga tercipta ketahanan wilayah yang baik.

Selama mengikuti kegiatan tersebut, para peserta MTT Harbang Puanter Staf Teritorial TNI AD mendapatkan materi pelatihan meliputi pengetahuan di bidang publikasi media baik cetak, elektronik maupun online seperti pembuatan vlog, meme, video pendek hingga pembuatan release berita, juga dibekali kemampuan mengenali ancaman siber dan pengetahuan hukum kegiatan Binter oleh Apkowil, yang diberikan oleh para nara sumber dari Dispenad, Pussansiad dan Ditkumad. (Dispenad)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Berita Terhangat Qoutes of day