Tabalong – GeRal.Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran demikian tema Kampung Pancasila yang diresmikan Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani M.,Si dan Komandan Kodim 1008/Tbg Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, S.Sos., M.I.Pol.
Dalam keterangan tertulis Kodim 1008/Tabalong, Rabu (6/4/2022), bertempat di Gedung Kesenian Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong, acara peresmian turut dihadiri Kapolres Tabalong AKBP Reza Mutaqin, S.H, S.I.K., M.Med.Kom, Kabag Kesbangpol Achmad Rahadian Noor S.STP. M.Si, Unsur Forkopimca se-Kecamatan Haruai dan Upau, Kepala DPK KNPI Kecamatan Upau Hardi, Kepala Adat kampung 10 Saparin, Ketua Persit KCK cabang XXXI Dim 1008/Tabalong Ny. Dhevi Dhuwi Hendradjaja dan pengurus.
Dalam sambutannya, Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si menyampaikan selamat kepada Kepala Desa Masingai II dan seluruh warga masyarakat yang telah mendapatkan kepercayaan Kodim 1008/Tabalong beserta jajaran untuk dicanangkan sebagai Kampung Pancasila.
“Kita ketahui bahwa Pancasila itu adalah dasar negara kita, Pancasila juga sebagai alat pemersatu bangsa oleh sebab itu pencanangan Kampung Pancasila di Desa Masingai II ini adalah bagian dari ikhtiar besar kita untuk tetap kembali ke suasana yang nyaman, ” ucap Bupati.
Selanjutnya Bupati Tabalong menyampaikan kepada Kepala Desa agar menerapkan tentang keanekaragaman sebagai kekuatan dalam membangun untuk wujudkan suasana yang rukun dan damai dalam persatuan dan kesatuan bangsa.
Sementara tu, Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, S.Sos., M.I.Pol berharap Kampung Pancasila ini tentunya bukan hanya seremoni semata yang dilaksanakan, tetapi sebagai titik tolak untuk mengimplementasikan pengamalan Pancasila dengan benar-benar menerapkan sila-sila dan butir-butir Pancasila.
“Kampung Pancasila bertujuan agar Pancasila tetap lestari dan membumi sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa serta pada prinsipnya di amalkan dan di terapkan dalam kehidupan sehari – hari, ” kata Dandim.
Dandim berharap, dengan adanya Kampung Pancasila ini tentunya dapat mewujudkan kehidupan yang harmonis, dinamis dan menciptakan situasi yang nyaman dan kondusif dalam berkehidupan berbangsa dan bukan hanya berhenti disini peresmian tetapi ini dapat berjalan terus menerus dengan kegiatan yang mencerminkan budaya bangsa baik sifatnya fisik maupun non fisik. (Dispenad)

Sponsor
Sponsor
Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Berita Terhangat Qoutes of day