Banyumas – GeRal.Masjid Saka Tunggal dipercaya sebagai masjid tertua Indonesia, atau setidaknya salah satu yang tertua. Masjid ini berada di lembah yang dikelilingi pegunungan Wangon, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sponsor
Sponsor

Masjid saka tunggal berukuran 12 x 18 meter ini menjadi satu satunya masjid di pulau Jawa yang dibangun jauh sebelum era Wali Sembilan (Wali Songo) yang hidup sekitar abad 15-16M. Sedangkan masjid ini didirikan tahun 1288M, 2 abad sebelum Wali Songo. Sekaligus menjadikan Masjid Saka Tunggal Baitussalam sebagai Masjid Tertua di Indonesia.


Salah satu keunikan Saka Tunggal adalah empat helai sayap dari kayu di tengah saka. Empat sayap yang menempel di saka tersebut melambangkan ”papat kiblat lima pancer”, atau empat mata angin dan satu pusat. Papat kiblat lima pancer berarti manusia sebagai pancer dikelilingi empat mata angin yang melambangkan api, angin, air, dan bumi. Saka tunggal itu perlambang bahwa orang hidup ini seperti alif, harus lurus. Jangan bengkok, jangan nakal, jangan berbohong. Kalau bengkok, maka bukan lagi manusia.

Film Suntree yang dibintangi Panji Zoni,Yuriska Patricia ,Divana ,Wulan Guritno,Nova Eliza dan Yanti Surachman. Adalah kolaborasi TKN dengan Mutif Corp film yang bergenre Drama Romantis Religi kental dengan kehidupan santri.

Kekuatan Kearifan wisata religi Masjid Saka Tunggal Wangon,Kabupaten Banyumas,Jawa Tengah.Menjadi pilihan rumah produksi Teras Kreasi Nusantara (TKN Pictures) sebagai lokasi shooting film Suntee basutan sutradara Ferial Rachmany.(10/08)
Camex Wangon selaku Komisaris dan Line Produser yang juga putra daerah Banyumas ini”mengangkat kearifan lokal banyumas adalah kepuasan sendiri dan menjadi lebih dikenal sebagai destinasi nasional serta nama wangon menjadi viral di kancah Nasional”,ujarnya.
Hal senada juga disampaikan Tohir Danasasmita selaku Direktur serta Produser TKN Pictures ini tema film Suntree yang melatarbelakangi sosok santri pas dengan lokasi wangon sebagai set adegan ini”kata Tohir.

Sebagai lokasi set pesantren Wangon,Kabupaten Banyumas kedepannya sebagai bagian mendongkrak para wisata religi untuk berkunjung ke Banyumas.(DJo)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Berita Terhangat Qoutes of day