Jakarta – GeRal.ndonesia Youth Economic Society (INAYES) menggelar kegiatan edukasi dan sosialisasi Etika Bersosial Media dan Adiksi Game Online bagi kalangan pelajar di SMAN 2 Jakarta pada Kamis (1/9/2022). Ketua Departemen Perlindungan Anak INAYES, Offie Dwi Natalia menyampaikan, Indonesia adalah salah satu negara yang jumlah pengguna sosial medianya terbanyak di dunia.

Sponsor
Sponsor

“Usia remaja termasuk didalamnya. Rata-rata mereka menghabiskan waktu lebih dari 3 jam untuk mengakses media sosial dalam sehari,” katanya.
Ia menjelaskan, batas dari pemakaian tersebut, melebihi batas dari maksimal yang disarankan yaitu lebih dari 2 jam saja. “Pengaruh buruk dari sosial media adalah berkurangnya waktu tidur. Proses belajar jadi terganggu dan kecenderungan untuk berkomentar negatif,” jelasnya.

Ditambah lanjut dia, pengaruh psikis, seperti tingginya jiwa kompetitif yang tidak sehat karena selalu membanding-bandingkan dirinya dengan teman melalui postingan di media sosial.
“Hal ini berdampak negatif yang akan menimbulkan sifat percaya diri, minder, dan kurangnya interaksi sosial. Karena dia merasa malu untuk bertemu melalui fisik dengan orang orang sekitar,” katanya.

Nah, kata dia, kebiasaan yang buruk ini, jika dilakukan secara terus menerus, akan menciptakan pribadi introvert dan psycho. “Yakni seperti karena kehilangan keceriaan mereka di masa masa remaja yang rentan pengaruh buruk lingkungan sekitar,” ujarnya.
Ia menjelaskan, keberadaan sosial media seperti dua sisi mata pisau. Jika digunakan dengan baik akan sangat membantu, tetapi jika digunakan sebaliknya akan menjebak remaja itu dalam depresi berkepanjangan.

Jika digunakan secara bijak, sosial media akan jadi ruang untuk mengekspresikan pendapat, ide, dukungan, dan pembentukan komunitas yang dapat memberikan informasi positif yang membantu dalam proses belajar.
“Tujuan positif ini, dapat terwujud ketika kita bisa gunakan etika etika seperti berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Share informasi yang berguna dan bermanfaat untuk orang lain, Bangun hubungan yang baik supaya mendapat kepercayaan dalam bersosial media,” ujar Offie Dwi Natalia.

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Berita Terhangat Qoutes of day