Jakarta,- GeRal.Raker penyuluh agama kecamatan Jagakarsa kegiatan berlangsung selama dua hari. dari Jumat – tepatnya tanggal 20-21 Januari 2023.Silaturahmi dan Rapat Kerja di Wisata Air Guci Tegal. Selain itu, diadakan survei lokasi rencana praktek kegiatan manasik haji bersama beberapa majelis ta’lim binaan Kec. Jagakarsa nanti ke Firdaus Fatimah Zahra di Semarang, Jawa Tengah.

Sponsor
Sponsor

Tempat ini menjadi sasaran survei karena beberapa tempat yang semisal sudah pernah menjadi tempat praktek sebelumnya. Disamping itu, di adakan ziarah ke salah seorang ulama Pekalongan, Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Aththas.

Acara ini diikuti oleh seluruh penyuluh agama Islam . Tujuan raker ini adalah dalam rangka meningkatkan kinerja penyuluh agar lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya selaras dengan Tugas dan Fungsi Penyuluh.

Adapun program-program prioritas yang telah dibahas adalah sebagai berikut:

  1. Bimbingan dan Penyuluhan (BP) manasik haji/umroh sepanjang tahun kepada jamaah majelis taklim binaan
  2. BP dan pelatihan pemulasaraan jenazah
  3. BP dan pelatihan khotib pemula
  4. BP dan pelatihan imam sholat
  5. BP dan pelatihan metode tamyiz
  6. BP dan pelatihan membaca kitab kuning/huruf gundul
  7. Kolaborasi tabligh akbar/taklim umum dengan ormas keislaman kaum ibu se-Kec. Jagakarsa
  8. BP dan pelatihan tafsir ayat tematik dengan metode pendekatan nahwu/sharaf
  9. Bp dan pelatihan fara’id metode aplikasi dan manual
  10. BP dan pelatihan penguatan mental dan akidah aswaja.

Untuk mendapatkan hasil raker tersebut secara maksimal akan di tindak lanjuti di hari-hari kerja berikutnya. Sebagai tambahan, raker ini dibiayai dengan swadaya murni para penyuluh dan tanpa bantuan siapa pun, baik sponsor maupun nggaran negara.

Acara ini diketuai oleh
Ketua FKPAI Kec. Jagakarsa, H. Ahmad Hidayatullah, S.H.I. ( OC ), dan Aida Fitria selaku bendahara raker serta Koordinator Penyuluh Agama, H. Suwita ( SC. ) dan dihadiri pula oleh Ketua Pokjaluh dan Ketua FKPAI Kota Jakarta Selatan, H. A. Nasruloh dan Faturrahman, S.Sos.

Aida Fitria selaku bendahara raker Ia berharap jajaran mulailah menjalankan tugas pokok dan fungsi nya.

“Mari masing-masing mulai bekerja secara mandiri dan profesional serta tingkatkan kemampuan SDM anggota agar penyuluh agama se- kecamatan Jagakarsa dapat maju menjadi nantinya,”pungkas nya.(DJo)

Avatar

By admin

GeRal (https://geraijenderal.id) merupakan platform berbagi informasi positif, Independen tentang ketahanan pangan dan berita inspirasi informasi Bisnis & UMKM se-Indonesia dengan bermacam potensi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan